Sarang Madu Palsu – Makin Populer dan Laku!

Sarang Lebah Palsu
Sarang Lebah Palsu

Sarang Madu Palsu

Sarang madu palsu banyak menjadi perhatian belakangan ini. Bagaimana tidak,s elama ini penjual madu jarang sekali menjual dengan sarangnya. Supaya tidak rancu, saya coba jabarkan sedikit.

Apa itu Sarang Madu?

Maksud Sarang madu ini adalah sarang lebah. Sarang lebah adalah struktur yang digunakan oleh lebah sebagai tempat tinggal. Sarang ini juga untuk membesarkan anak-anaknya. Bagian dalam dari sarang lebah berupa kumpulan struktur berbentuk heksagonal. Bahannya dari semacam lilin. Lebah menggunakan ruang heksagonal ini untuk menyimpan madupolen lebah, telur, larva, dan pupa lebah. Jadi, sarang madu adalah sarang lebah yang berisi madu.

Jadi apakah sarang madu ini tidak asli?

Tunggu dulu. Sarang madu bisa dikatakan asli jika sarang tersebut dibuat oleh lebah. Jadi apakah ada sarang lebah yang di buat oleh manusia? Jawabannya ada. Wow! Manusia memang hebat. Ternyata sudah ada mesin yang dapat membuat honycomb / sarang lebah.

sarang madu palsu
Penampakan mesin pembuat sarang lebah

Mesin pembuat sarang ini memang diciptakan untuk membantu petani lebah untuk memberikan tempat bagi lebah bersarang. Lebah tidak lagi perlu membuat sarangnya. Lebah langsung punya tempat untuk meletakan madu di dalam sarang ini.

Selama ini, petani madu akan memanen madu dan mengembalikan sarangnya ke kotak budidaya. Sehingga petani dapat menggunakan kembali sarang tersebut. Madu hasil panenlah yang di jual untuk di konsumsi.

Sekarang kita bahas mengenai madu palsu.

Apa sih Madu Palsu?

Menurut Kang Debby sebagai ketua dari Ikatan Lebah Madu Indonesia, Madu palsu adalah madu SOS. Apa itu?

SOS singkatan dari Sirupan, Oplosan dan Sintetis.

  • Sirupan. Sirupan adalah madu yang di hasilkan dari lebah yang di sirup gula
  • Oplosan. Oplosan adalah madu yang di campur dengan pemanis lainya (gula).
  • Sintetis. Sintetis adalah madu tiruan yang tidak ada unsur madunya sama sekali.

Berikut video peternakan lebah yang memang menjual sarang madu palsu. Coba bantu saya hitung berapa keuntungan dari madu sirupan ini?

Sarang Asli, Lebah Asli tapi Nektar Palsu (Gula)

Sarang Asli

Dalam video di atas, terlihat jelas bahwa pengusaha menjual sarang madu. tentunya Lebalah yang membuatnya. Sarang tersebut bukan sarang yang dibuat dipabrik atau mesin. Jadi bisa saya simpulkan bahwa sarang tersebut adalah sarang asli dan lebah membuatnya secara langsung.

Lebah Asli

Pada peternakan ini mengunakan lebah dalam mengisi sarang. tentunya Lebah memang suka akan cairan manis. Alaminya, lebah mencari cairan pada bunga. Kita sebut Nektar bunga. Secara alami lebah akan mengambil cairan ini.

Nektar Palsu (Gula)

Disinilah letak masalahnya. Lebah diberi cairan gula untuk mengisi sarang. Sarang madu palsu berisi cairan gula ini menjadi masalah. Gula di ketahui dalam dunia medis menjadi biang masalah diabetes. Jika sarang berisi cairan gula, bukankah akan menjadi sumber penyakit? Disini bisa disimpulkan bahwa sarang madu berisi gula ini tergolong Sirupan.

Berbahayakah madu sirupan ini?

Jika anda sehat dan tidak memiliki gangguan diabetes tentu efek hanya seperti meminum sirup pada umumnya. Tapi jika yang meminum madu sirupan ini memiliki masalah diabetes maka efek samping bisa membuat gangguan kesehatan makin bermasalah.

Bukankah kita ingin menjadi sehat dengan madu?

Saya bersama ILMI (Inspirator Lebah Madu Indonesia) Sebagai Relawan Perlebahan Memiliki Tujuan :


1. MEMAJUKAN Perlebahan di Indonesia.

Mengingat Indonesia habitatnya lebah di dunia. Sudah sepantasnya negara kita sebagai kiblatnya perlebahan di dunia. Namun faktanya negara kita tertinggal jauh dengan negara lain. Bahkan sekelas negara Thailand yang luas hutannya jauh dengan kita memiliki IPTEK Perlebahan yang begitu maju. Bahkan negara tersebut mampu mengekspor madunya ke Indonesia.


2. MENYELAMATKAN Madu Indonesia


mengapa Madu kita harus di selamatkan ? Satu pertanyaan klasik dari pembeli Madu,Apakah madu Asli ? Hal ini membuktikan kurangnya legitimasi konsumen terhadap Madu yang beredar di pasaran, pertanyaan tersebut cukup wajar bagaimana madu S.O.S menguasai Pasar dalam negeri. Termasuk sarang madu palsu ini. Itulah maksud saya membuat article ini. Agar bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat dan membantu dalam menyelamatkan madu Indonesia.

What Next?

Jika anda menyukai mengkonsumsi madu dengan sarangnya, saya sarankan untuk membeli sarang madu berupa madu hutan. Kenapa madu hutan? Setiap panen madu, pemburu madu hutan pasti memanen dengan sarangnya.

Pak Nurhali sebagai ketua regional Ilmi Jakarta menunjukan sarang madu hutan yang baru saja dipanen dari hutan di sumatra.

Sarang madu ini merupakan sarang dari lebah Apis Dorsota. Sarang madu ini sangat jarang. Ternyata, panen tidak selalu bisa dilakukan karena proses pengumpulan nektar oleh lebah sangat tergantung musim.

Apakah Sarang lebah ini enak?

Bukan main enaknya. Saya sendiri setiap kali ada informasi panen madu hutan pasti saya ikut membeli. Selain kualitasnya memang sangat baik, saya juga merasakan manfaat secara langsung. Saya bukan penjual madu. Jika andapun ingin menikmati madu ini, bisa hub saya untuk membelinya bersama-sama. Ingat, sarang lebah hutan tidak selalu tersedia. Jika memang mau, sesama pecinta Madu, bisa WA saya di 0812-8612-9330.

Jika teman-teman ada masalah dengan lambung. Bisa ikuti postingan saya tentang madu untuk asam lambung.

Infografic Beda Madu Asli dan Palsu

Madu AsliMadu Palsu
– Dibuat Oleh lebah– Dibuat oleh Pabrik
– Ada Aroma Madu– Tidak ada aroma Madu
– Mengandung Bee Pollen, Wax dan Propolis– Tidak Mengandung Bee Pollen, wax maupun propolis
– Tanpa tambahan Gula– Mengandung gula tebu, beet maupun gula jagung
– Sehat– Tidak sehat
perbedaan madu asli dan palsu

Beda SARANG Madu Asli dan Palsu

Madu Sarang Palsu (Sirupan)Sarang Madu Asli

1 comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *